14 May 2018

Anggota DPD RI Perwakilan Jabar, dr. Ir. Hj. Eni Sumarni, M.Kes: AMMNI Harus Memiliki Jati Diri

Ir.Agung Sabur, DIPL.,HE memberikan potongan tumpeng kepada dr.Ir.Hj. Eni Sumarni
Bandung, indonesia-indonesia.com - Kehadiran Aliansi Media Massa Nasional Indonesia (AMMNI) sambut gembira para pengusaha media massa. Karena satu-satunya organisasi yang mengakomodir media massa dan wartawannya yang belum terkoordinir oleh organisasi lainnya.

Sebagai bentuk eksistensi dan mensosialisasikan keberadaan organisasi, AMMNI menggelar deklarasi sekaligus melantik beberapa DPD dan DPC AMMNI diantara DPD Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bangka Belitung, Jambi, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Lampung, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat serta DPC Kabupaten / Kota Se Jawa Barat, bertempat di Padepokan Mayang Sunda, Jalan Peta – Bandung, Minggu, Jalan Peta No.209 Bandung.

Prosesi deklarasi AMMNI, diawali dengan penyerahan bendera pataka AMMNI dan penyematan pin oleh Anggota DPD RI Perwakilan Jawa Barat, dr. Ir. Hj. Eni Sumarni, M.Kes kepada Ketua Umum DPP AMMNI, Ir.Agung Sabur, DIPL.,HE.

Deklarasi AMMNI ini dihadiri oleh, Kepala Bidang Komunikasi Informasi Publik (KIP) Diskominfo Prov. Jabar, Dedi Dharmawan yang mewakili Gubernur Jawa Barat, Kepala Dinas kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, Kenny Dewi Kaniasari mewakili Pjs. Wali Kota Bandung, Kabag Humas Setda Kota Bandung, Yayan A. Brilyan, Kepala Seksi Penguatan Keterbukaan Informasi Publik Yusuf Cahyadi, S.H, Perwakilan Pangdam III/Siliwangi, Perwakilan Polda Jabar, Ormas, OKP dan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kota Bandung serta tamu undangan lainnya.

Ketua Umum DPP AMMNI, Ir.Agung Sabur, DIPL.,HE mengatakan ke depannya AMMNI akan membentuk beberapa cabang usaha yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian para jurnalis, yang selama ini kurang terinovasi oleh para pengusaha medianya, baik media cetak, elektronik maupun online. Untuk menunjukan eksistensi dan lebih mensosialisasikan keberadaan organisasi profesi jurnalis yang belum lama terbentuk, yaitu Aliansi Media Masa Nasional Indonesia (AMMNI) kepada masyarakat luas dan jajaran pemerintahan baik pusat maupun daerah.

“AMMNI berdiri pada Desember 2017 di Kecamatan Tanjungsari, Kab. Sumedang Jawa Barat, lanjut Agung, oleh 12 orang pendiri diantaranya ada tokoh masyarakat, ormas, insan jurnalistik, pengusaha media cetak dan siber beserta beberapa komunitas dan ratusan orang jurnalis.

Sekretaris Jenderal DPP AMMNI, Zhovena, ST menyatakan akan mengakomodir para pengusaha media cetak berikut wartawannya yang tidak terakomodir oleh organisasi pers yang lain, maka kehadiran AMMNI ini disambut gembira oleh para insan pers dan mendapat respon positif dari masyarakat,” ungkap Zhovena. 
 
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, Kenny Dewi Kaniasari mengapresiasi terbentuk AMMNI ini. Karena media salahsatu peran yang sangat penting dalam memajukan pembangunan bangsa ini. Apalagi dalam mempromosikan dan mensosialisasikan obyek wisata yang ada di Kota Bandung, sebagai upaya dalam meningkatkan kunjungan wisatawan ke kota kembang ini. Disbudpar Kota Bandung juga mempunyai program seni budaya di setiap wilayah di setiap kecamatan. Saya mengajak anggota AMMNI untuk dapat meliput kegiatan - kegiatan Disbudpar tersebut. 
 
Hal senada dikatakan, Kepala Bidang Komunikasi Informasi Publik (KIP) Diskominfo Provinsi Jawa Barat, Dedi Dharmawan mengatakan peran media massa dalam penyampaian informasi harus akurat, jangan sampai membuat kegaduan sehingga dapat memperpecah belah NKRI. Oleh karena, saya berharap informasi yang di sajikan yang dikonsumsi masyarakat, benar-benar akurat, dan jelas sumber informasi berita tersebut.
 
Anggota DPD RI Perwakilan Jawa Barat, dr. Ir. Hj. Eni Sumarni, M.Kes berharap AMMNI harus memiliki jati diri, sehingga dapat membentuk wartawan profesional, yang handal dalam penyajian sebuah tulisan yang akan menjadi konsumsi publik," ucap Eni. 
 
Diakhir acara juga dilakukan pemotongan tumpeng oleh Ketua Umum DPP AMMNI, Ir.Agung Sabur, DIPL.,HE. ***M. Edwandi